TUGAS PTI KE-12 DAN KE- 13

TUGAS  RANGKUMAN PTI KE- 12 DAN KE-13

MULTIMEDIA
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video

Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
1.      Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban et al, 2002)

2.      Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)

3.      Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)


SRPM


j0336795
Follow
SendVoiceOn


Sejarah Multimedia
1.       Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia
2.       Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan






Perkembangan Multimedia

Menurut  Morgan Stanley:
·         Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
o   Televisi   : 13 tahun
o   TV Kabel : 10 tahun
o   Internet  :   5 tahun
Dan perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet
Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini
·         Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
·         Layanan multimedia online sedang mengalami booming
·         Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia      mobile multimedia

Sistem Multimedia
SISTEM MULTIMEDIA: “A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media (AHD, 1991)
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?



1.       Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.

2.       Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
3.       Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user

Multimedia PC

Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:

·         CD-ROM drive / DVD Drive
·         Sound Card (untuk recording dan playback)
·         Multimedia (Music/Movie) Player
·         RAM dan HARD DISK yang mencukupi
·         Graphics Adapter
·         Speaker


Sistem Multimedia dibagi:
1.       Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard

2.       Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan

Multimedia: antara Offline vs Online
Aspek
Off line
On line
Player
Media
Pesan
Pembelajaran
Interaktivitas
Komunikasi
Up dating
Sifat
Konten
Stand alone PC
Dua jenis atau lebih
Terintegrasi
Terprogram, closed
User dengan komputer
Dua arah
Terprogram, closed
Versi baru
Statis
Multi
Network, internet
Dua jenis atau lebih
Terintegrasi,
interkoneksi
Terprogram, open
Antar user, narasumber
Banyak arah
Sin-Asinkronisasi
Kontinyu
Dinamis
Multi




Mengapa Multimedia ?
Multimedia dapat digunakan dalam:

  1. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
  2. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Media dan Pembelajaran
(Prosentase tingkat kemampuan daya ingat dan menyimpan pesan
Dalam pembelajaran melalui media pembelajaran)

Tingkat Kemampuan Daya Ingat :
MEDIA
%
Audio
10
Verbal  (Teks, Visual)
20
Audio-Visual
50
Tingkat kemampuan menyimpan pesan :
MEDIA
3 hari
3hari
Audio
70%
10%
Verbal  (Teks, Visual)
72%
20%
Audio-Visual
85%
65%






Multimedia dan
Prinsip  Pembelajaran

Manusia belajar Melalui kegiatan :
%
KEGIATAN
MEDIA
10%
Membaca
Teks
MM
MMI
20%
Mendengar
Audio
30%
Melihat
Grafis/Foto
50%
Melihat dan Mendengar
Video/Animasi
80%
Berbicara
Simulasi

80%
Berbicara dan Melakukan
simulasi



Multimedia mampu:
1.      Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor, contoh software yang mendukung teleworking atau telecommuting: Netmeeting
2.      Mengubah cara belanja. Homeshopping atau teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya
3.      Mengubah cara bisnis. Banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
4.      Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca koran online
5.      Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
6.      Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio


Beberapa hasil Penelitian
Tentang Pendidikan di Indonesia

      Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61),Thailand (76) dan Philipina (77).
         Hasil studi International Educational Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006)

Faktor Penyebab :
l  Guru, Siswa, Sarana dan Prasarana, Kurikulum, dan Komitmen Bersama
l  Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru  kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif
l  Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran


Media Pembelajaran
l  Media                          : Medium = Perantara
l  Media komunikasi      : perantara penyampai pesan atau informasi
l  Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran


Kontribusi media dalam proses pembelajaran
l  Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
l  Pembelajaran dapat lebih menarik
l  Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
l  Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
l  Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
l  Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
l  Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
l  Peran guru berubahan kearah yang posistif

Peran media dalam pembelajaran
·         Membuat kongkrit konsep yang abstrak
·         Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
·         Memberikan pengganti pengalaman langsung
·         Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
·         Memberikan pengalaman segi pengamatan
·         Menyajikan perbedaan warna secara visual
·         Menyajikan informasi yang memerlukan gerak




Perkembangan Media
Dari generasi ke generasi

Generasi pertama      :  MEDIA CETAK
Generasi Kedua          : RADIO/AUDIO
Generasi ketiga          :  TV / VIDEO
Generasi keempat     :  KOMPUTER/JARINGAN

Jenis-jenis  media
l  Media Cetak



l  Media Radio/Audio



l  Media Televisi/Video



l  Komputer/Jaringan


MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai:
suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).

BENTUK BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF
Teks, Gambar, Grafik, Animasi, Audio, dan Video (audio visual)


Manfaat Multimedia Interaktif
·         Meningkatkan motivasi belajar siswa
·         Meningkatkan hasil belajar siswa
·         Mereduksi miskonsepsi siswa
·         Mengembangkan kompetensi guru

BEBERAPA HASIL PENELITIAN TENTNAG MULTIMEDIA INTERAKTIF
1.      Lee, Nicoll, dan Brooks (2005) dalam penelitiannya tentang ”Perbandingan Pembelajaran Berbasis Web secara Inkuiri dan Contoh Kerja dengan Menggunakan Physlets” menemukan bahwa:
siswa merasa tertolong dengan penggunaan model pembelajaran (multimedia interaktif) MMI jenis Physlets, dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret

2.      Kartini (2006) bahwa model pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat:
meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP.
lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi (model pembelajaran MMI) dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka

3.      Eni Nuraeni (2006) dari penelitian yang dilakukannya menyimpulkan bahwa:
multimedia yang digunakan untuk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan taraf  kepercayaan 95%



Model-model Multimedia Interaktif
·         Model Drill
·         Model Tutorial
·         Model Simulasi
·         Model Eksperimen (virtual lab)
·         Model Games


 

                          



MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN


·         Guru bisa mengadopsi
·         Guru bisa mengembangkan
·         Guru bisa membuat sendiri
·         Guru bisa menerapkan di kelas
Contoh Mengadopsi dan mengembangkan
·         Menggunakan internet
·         Menggunakan cd pembelajaran

Cara Pemanfaatan Internet untuk Media Pembelajaran
·         Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
·         Memanfaatkan blog yang dikelola guru (pengajar)
·         Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
·         Menggunakan sarana jejaring sosial (facebook atau twitter)
·         Menggunakan Learning Management System (LMS)
·         Harry B.Santoso (2009)


Tantangan Multimedia Interaktif
Untuk media pembelajaran

·         Butuh peralatan (komputer, LCD, dan audio system)
·         Butuh keahlian khusus (produksi dan operasi)
·         Sumber listrik harus tersedia





















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar